Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

News Flash

latest

5 Langkah Membuat Desain Rumah Tanah Miring supaya Pondasinya Kokoh dengan Semen Mortar

  Bagi Anda yang memiliki tantangan membangun rumah di tanah miring, ada 5 langkah yang dapat dilakukan untuk pastikan desain kuat. Mari lih...

 


Bagi Anda yang memiliki tantangan membangun rumah di tanah miring, ada 5 langkah yang dapat dilakukan untuk pastikan desain kuat. Mari lihat 5 langkah tersebut di artikel ini!

Mulai dari Survei Pengumpulan Data

Sebelum mulai langkah lain, pengambilan data harus dilakukan. Anda harus pastikan melakukan survei detail kondisi area sebagai persiapan pembuatan desain. Data yang dikumpulkan dari survei nantinya memudahkan Anda membuat desain rumah yang lebih akurat dan kuat.

Penyesuaian Desain dengan Simulasi Data Survei

Setelah data – data survei terkumpul, pembuatan desain bisa dimulai. Banyak hal bisa Anda lakukan pada proses ini. Mulai dari mengembangkan layout dan denah posisi ruangan tertentu dapat dilakukan. Tentu saja semua detail desain akan berbasis data survei yang sudah dikumpulkan.

Simulasi dan Analisa Kekuatan Bangunan

Dalam pembuatan desain rumah, tentu pengukuran kekuatan harus dilakukan. Contoh saja pilar, dinding, pondasi, atap dan cara plester bangunan harus diperhitungkan simulasinya. Jika ternyata desain dan kebutuhan kekuatan bangunan tidak sesuai, penyesuaian akan desain harus diperbaiki. Hal ini diulang hingga mendapatkan desain dengan ukuran kekuatan tepat.

Penyesuaian Kekuatan Bangunan dengan Material yang Digunakan

Setelah tahu ukuran kekuatan bangunan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah menentukan material. Apakah perlu beton besar, apakah perlu pondasi jenis khusus, pilihan jenis semen juga penting dalam hal ini.

Biasanya untuk memastikan kekuatan tinggi, semen mortar akan digunakan. Semen mortar Indonesia jauh lebih kuat dibandingkan jenis semen lainnya. Apalagi jika disesuaikan dengan desain penopang yang pas. Pasti rumah yang dibangun tetap kokoh, tidak peduli ada di tanah miring atau datar.

Proses Pembangunan Rumah Dimulai

Setelah tahu kebutuhan kekuatan dan material yang cocok, langsung saja proyek pembangunan dilakukan. Semua hal yang ditentukan sesuai desain dan hitungan sebelumnya tinggal dipraktikkan sesuai batasan yang ada.

Penggunaan bahan semen mortar sebagian fondasi contohnya, mampu menahan beban rumah walaupun di area miring. Desain fondasi dengan material semen mortar tinggal dibuat sesuai desain dan pasti rumah kokoh tahan lama.

Sekian bahasan tentang 5 langkap membuat desain rumah tanah miring agar lebih kokoh. Mudah – mudahan bahasan ini berguna bagi Anda sekalian!

No comments