Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

News Flash

latest

Agar Banjir Tidak Sampai Masuk Rumah

Banjir sudah menjadi hal yang biasa bagi banyak orang, tak jarang orang pun semakin mengerti bagaimana mengatasi terjadinya musibah banji...


Banjir sudah menjadi hal yang biasa bagi banyak orang, tak jarang orang pun semakin mengerti bagaimana mengatasi terjadinya musibah banjir apalagi untuk mereka yang tinggal di daerah-daerah rawan banjir.  Kejadian alam ini memang sungguh tidak mengenakkan dan pastinya tidak akan ada orang yang mau terkena musibah banjir. Akan tetapi bagi mereka yang sudah lama tinggal di daerah yang kira-kira rawan banjir pastinya harus sudah mengantisipasi apabila merasa debit atau curah hujan sudah tidak terkontrol derasnya. Bila mereka yang tinggal di daerah rawan banjir paham bagaimana cara mengatasi atau mengantisipasi datangnya air,  bagaimana untuk mereka yang jarang atau bahkan tidak pernah terkena banjir?  Berikut ini beberapa cara agar air banjir tidak sampai masuk ke dalam rumah. 
Baca juga: Perumahan Cibubur Bebas Banjir

1. Tinggikan batas tanah dengan area carpot atau jalan menuju pintu masuk
Setiap rumah pasti memiliki jalur masuk menuju pintu masuk rumah. Biasanya jalur menuju pintu masuk rumah akan diawali dengan pagar lalu halaman danyang terkahir pastinya pintu masuk ke dalam rumah.  Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah agar air tidak sampai masuk ke dalam rumah adalah  mempertinggi batas tanah dengan area halaman rumah atau carport, agar air tidak mudah masuk ke dalam rumah. Beberapa orang memang memutuskan untuk melakukan hal ini sebagai antisipasi dari datangnya musibah banjir. 

2. Gunakan karung yang diisi dengan pasir
Beberapa orang mungkin tidak sanggup untuk merubah bentuk halaman depan rumah,  hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Meskipun begitu Anda tetap bisa menggunakan cara yang sederhana untuk mencegah agar banjir tidak sampai masuk ke dalam rumah. Apabila Anda mendapati air sudah mulai meninggi dan mendekati ambang pintu rumah, segeralah untuk membatasi ambang pintu dengan karung yang diisi pasir.  Pasir bisa menyerap dan mencegah air banyak masuk ke dalam rumah.  Dengan cara ini Anda bisa mengantisipasi debit air yang sangat banyak masuk ke dalam rumah yang dapat memperburuk situasi di dalam rumah. Walaupun terdengar sederhana tapi benda ini bisa Anda jadikan investasi untuk jangka panjang.  Isilah karung dengan pasir sampai penuh dan padat, lalu Anda bisa menyimpannya jika sekiranya tidak akan terjadi banjir. Namun ketika Anda memperkirakan akan terjadi genangan karena curah hujan yang cukup tinggi, Anda bisa menggunakan alat ini untuk antisipasi.

3. Buat penangkal air dari daerah tampungan
Apabila di wilayah perumahan Anda terdapat penampungan air seperti waduk atau danau, buatlah penangkal air secara alami di sekitar daerah tampungan air.  Maka dari itu jangan memangkas pohon atau melenyapkan lahan terbuka hijau yang ada di sekitar lingkungan tempat Anda tinggal. Mengapa? Karena hal ini dapat membantu Anda serta lingkungan tempat tinggal Anda tidak terkena dampak dari genangan air terlalu banyak. Antisipasi lain yang dapat dilakukan adalah dengan terus menjaga agar wilayah tampungan tidak mendangkal serta bersih dari sampah. 

Memiliki Hunian yang bebas banjir memang sudah menjadi harapan setiap orang namun,  banjir memang tidak dapat diprediksi ataupun diantisipasi. Satu-satunya cara untuk tetap tinggal di perumahan yang tidak terkena dampak dari curah hujan yang sangat tinggi adalah memiliki rumah di daerah yang bebas banjir.  Untuk menjawab kebutuhan itu, Atera Land sebagai pengembang profesional menghadirkan Asana Residence Cibubur sebagai hunian bebas banjir dengan harga yang sangat kompetitif.  Asana Residence hadir dengan berbagai pilihan hunian dalam ragam tipe rumah yang memiliki arsitektur moder. Sangat cocok untuk mereka yang memiliki gaya hidup praktis dan serba cepat.  Asana Residence Cibubur terletak di wilayah Jakarta Timur yang memberikan kemudahan akses mobilitas kepada para penghuninya karena  karena lokasinya strategis dekat dengan akses pintu jalan tol.  Untuk Anda yang terbiasa bepergian ke luar kota,  tinggal di Asana Residence Cibubur adalah pilihan yang sangat tepat. Suasananya yang tetap asri walaupun berada di kota Jakarta serta Fasilitas yang dapat menyesuaikan kebutuhan hidup Anda menjadikan berbagai tipe rumah di Asana Residence Cibubur adalah rumah idaman di tahun ini.

Untuk info lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi asanaresidence.com

No comments